Kamis, 05 Januari 2012

Pilar laut Ha Long Bay

Diposting oleh Poppy Brillia di 08.32


Dari permukaan laut Teluk Tonkin, Vietnam, mencuat pilar-pilar terjal dari batu kapur. Pilar-pilar itu membentuk pemandangan laut yang menakjubkan. Itulah pilar laut Ha Long Bay.
Orang Vietnam percaya Ho Long Bay adalah tempat tinggal naga. Naga itu pernah menyelamatkan bangsa Vietnam. Nama Ha Long Bay berarti tempat tinggal naga.
Bagi ilmuwan, pilar-pilar kapur Ha long Bay sangat berharga. Pilar itu merupakan catatan wajah bumi yang selalu berubah.
Permukaan bumi yang terdiri dari lempeng-lempeng itu selalu bergerak dan menyebabkan gempa. Awalnya, Ha Long Bay adalah pegunungan kapur. Pilar-pilar kapur di Ha Long Bay adalah hasil gempa pada ratusan juta tahun yang lalu.
Pegunungan kapur Ha Long Bay berubah ketika bumi baru dihuni bakteri, ubur-ubur dan tanaman paku-pakuan. Ha Long Bay digenangi air, jadi lautan.
Wajah Ha Long Bay berubah lagi ketika dinosaurus hidup di Bumi. Laut Ha Long Bay surut. Retakan pegunungan Ha Long Bay terus terkikis air laut dan hujan. Akibatnya, retakan pegunungan kapur semakin lear. Kini, wajah Ha Long Bay adalah laut dangkal dengan pilar-pilar kapur yang cantik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Poppy Brillia Copyright © 2012 Poppy Brillia Safitri