Rabu, 23 November 2011

HANBOK=BAJU KOREA

Diposting oleh Poppy Brillia di 08.18


Handuk itu nama baju tradisional Korea. “Han” itu artinya Korea. “Bok” artinya baju. Jadi, hanbok itu sama dengan baju Korea. Namanya sederhana, bukan?. Tetapi, cara pakai bajunya, tak sesederhana namanya.
Umur hanbok ini sudah tua, loh…  Baju tradisional ini sudah dikenal sejak tahun 1300-an. bahkan, ada yang menyebutkan jauh-jauh hari sebelum itu sudah ada hanbok. Di Korea Utara, hanbok dikenal dengan sebutan Choson-ot. Hanbok biasanya dikenakan pada acara-acara khusus, seperti upacara adat, festival musim panen, pesta tahun baru atau Seol-nal, pesta bulan purnama atau Chuseok, dan acara-acara penting lainnya.
Meskipun sekilas tampak sama, hanbok itu terdiri dari banyak jenis. Ada hanbok untuk bangsawan, rakyat, dan ada juga untuk ilmuwan. Tentunya ada perbedaan pada setiap jenis hanbok yang dikenakan oleh kaum bangsawan atau keluarga kerajaan dengan hanbok rakyat. hanbok bangsawan biasanya menggunakan bahan sutra yang halus warnannya indah dan mengkilap. hanbok bangsawan juga diberi bordiran dan sulaman yang indah. Sendangkan rakyat biasa hanya memakai bahan yang sederhana. Warnanya pun tidaklah mengkilap. Hanbok rakyat biasanya berwarna muda. Seperti  hijau muda, kuning muda atau putih.
hanbok itu tidak seperti baju biasa. Handok terdiri dari beberapa lapisan looh… ada bagian utama, yang harus selalu dipakai, dan ada yang yang tambahan. Sebagian lapisan yang tidak selalu dipakai.
Apa saja bagian utama hanbok Ada jeogori atau baju bagian atas, ada dong jeong atau kerah, dan otgoreum atau pita yang dipakai di hanbok perempuan. Pita ini gunanya untuk mengikat Jeogori. Ada juga chima ini bisa terdiri dari satu atau beberapa lapis. Untuk hanbok pria, ada baji. baji ini celana longgar yang dikenakan di dalam hanbok. Kadang-kadang, hanbok dilengkapi dengan gat atau topi. Gat ini biasa dipakai oleh laki-laki. Ada juga durumagi. Ini merupakan lapisan paling luar hanbok. Bentuknya seperti jaket panjang. Durumagi ini hanya dipakai pada acara khusus.

1 komentar:

mayora lolly mengatakan...

I love something diffrent about Korea. becaause I'm a fan of korea too. but the most I like is Super Junior. So can the models of this clothes is Super Junior??
Chebal......

Posting Komentar

 

Poppy Brillia Copyright © 2012 Poppy Brillia Safitri